Rabu, 14 Desember 2016

5 Tips menjaga kesehatan tubuh tetap sehat dan bugar


Tubuh sehat dan bugar adalah idaman setiap orang, bagaimana cara memperoleh kesehatan dan kebugaran tubuh ini? Berbagai tips menjaga kesehatan tubuh bisa Anda peroleh dari situs-situs tentang kesehatan maupun konsultasi langsung ke para dokter ahli kesehatan.

Bisa juga Anda ikuti gaya hidup olah ragawan. Seorang atlit olah raga, selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh melalui gaya hidup disiplin. Mulai dari makanan, waktu istirahat dan perilaku hidup sehari-hari dilakukan secara terjadwal. Mereka tidak sembarangan mengkonsumsi makanan siap saji, apalagi mengandung banyak kolesterol


Agar tetap sehat dan bugar lakukan jogging atau jalan sehat
      Menjaga kesehatan tubuh berarti Anda mensyukuri nikmat sehat dari Tuhan, tidak melakukan hal-hal jelek untuk kesehatan badan, melakukan aktivitas yang tidak membahayakan diri dan tubuh Anda.
Hal ini termasuk perilaku syukur atas kesehatan tubuh yang telah Anda miliki. Mengabaikan kesehatan jasmai, sama saja Anda membiarkan tubuh dihinggapi penyakit.
Penyakit akan muncul tatkala seseorang berperilaku jorok atau tidak bersih dan beraktivitas yang membuang-buang waktu (seperti: berlebihan nonton TV).
Memulai hidup sehat dan bersih tidaklah susah, sempatkan diri Anda untuk melakukan hal-hal sederhana namun bermanfaat.


Tips praktis menjadikan organ tetap bugar untuk segala usia


Rajin berolah raga merupakan tindakan yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan dunia. Selain itu, memberi asupan makanan bergizi pada tubuh akan menghasilkan kebugaran. Tidak dianjurkan olah raga secara berlebihan, sebab kegiatan olah raga berat tidak baik untuk tubuh.
Lakukan sesuai kemampuan, yang penting rutin dan terjadwal. Sesuai kemampuan berarti; melakukan olah raga tidak harus di tempat Fitness, mulailah dengan olah raga paling mudah dan murah, yaitu: Jogging dan jalan sehat.

Luangkan waktu kurang lebih 30 menit setiap hari di pagi hari sebelum berangkat ke tempat kerja dan sore hari bisa Anda lakukan dengan mengelilingi kompleks Perumahan bersama keluarga. Sambil bercanda, menyapa tetangga, akan menenteramkan jiwa Anda dan merasa nyaman hidup di lingkungan Perumahan yang ramah.
Berikut 5 tips menjaga kesehatan tubuh secara alami;
1. Selalu mengkonsumsi air putih
Mayoritas tubuh manusia adalah air, berfungi menetralisir dan mengeluarkan toksin/racun. Saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari akan mengeluarkan keringat serta buang air kecil. Ini peran utama air putih, mengganti cairan tubuh yang telah dikeluarkan bersama racun dalam tubuh. Minimal 8 liter per hari.

2. Selalu berfikiran positif
Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah hidup Anda. Belajar Ikhlas tentang semua hal buruk yang Anda hadapi akan membantu memilki pemikiran positif.

3. Istirahat cukup
Lelah setelah beraktivitas seharian merupakan salah satu faktor penyebab dari menurunnya daya tahan tubuh anda. Sehingga mengistirahatkan tubuh anda merupakan langkah yang sangat tepat untuk menghilangkan rasa capek tersebut. Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Dalam hal ini tidur yang cukup dan berkualitas(terjadwal).

4. Rajin berolah raga
Sudah kami sebut di atas, tidak perlu memaksakan aktivitas olah raga harus di tempat Fitness. Cukup dengan Jogging maupun jalan sehat rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari. Diikuti dengan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, tidak perlu mewah yang penting bernutrisi. Usahakan dari bahan alami bukan instan.

5. Hindari merokok dan minuman beralkohol
Rokok memilki kandungan zat kimia berbahaya bagi tubuh. Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida termasuk di dalamnya. Sedangkan Alkohol, memiliki kandungan senyawa yang bisa melemahkan syaraf di seluruh tubuh terutama bagian kepala.

Bahaya asap rokok menganggu kinerja organ paru-paru Anda, zat beracun yang terkandung di dalam asap rokok terus menumpuk sebelum Ande berhenti menghisapnya. Lebih bahaya lagi bagi orang-orang di sekeliling Anda yang tidak merokok (perokok pasif) akan terkena imbas dari asap yang keluar dari mulut perokok, asap ini 2 kali lebih bahaya dari hisapan pertama.

Rokok dan minuman beralkohol dapat menimbulkan kanker paru-paru dan susah memilki keturunan. Bagi Anda yang belum memilki keturunan sebaiknya hindari mengkonsumsi 2 hal ini, memang bukan faktor utama tapi setidaknya sangat berpengaruh jika dilihat dari kandungan zat-zat beracun di dalamnya.

Beberapa tips menjaga kesehatan tubuh di atas akan mudah dilakukan dengan niat sungguh-sunguh. Tidak perlu langsung dipaksa melakukan secara total, tapi sedikit demi sedikit agar terbiasa dengan perilaku hidup sehat. Jangan lupa selalu berdo’a kepada Tuhan YME agar diberi limpahan rezeki kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar