Selasa, 25 Juli 2017

BAB 5 Pengantar Teknologi Game - Arduino Tic Tac Toe

Bab 5
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Tic-tac-toe merupakan permainan yang melatih ke-
mampuan otak sehingga cocok untuk semua kalang-
an usia. Game ini mengutamakan kemampuan logi-
ka untuk memprediksi langkah lawan dari segala ke-
mungkinan yang dapat terjadi. Game ini kami buat
dengan menggunakan algoritma minimax yang diga-
bungkan dengan metode heuristic evaluation. Kombi-
nasi ini memberikan game sebuah kemampuan untuk
berpikir (kecerdasan buatan). Kami memilih penerap-
an algoritma minimax dan metode heuristic evaluation
ini karena kombinasi ini dapat memberikan hasil yang
akurat namun dengan konsumsi sumber daya yang se-
dikit. Dengan kata lain game kami ini dapat berjalan di
118
BAB 5. PENUTUP 119
perangkat dengan spesi kasi teknis rendah sekalipun.
Kemampuan berpikir dari program kecerdasan buatan
di dalam game ini pun dapat diatur tingkat kecerdasan-
nya sesuai dengan keinginan pengguna sehingga dapat
menyesuaikan dengan kemampuan berpikir pengguna.
Penerapan algoritma minimax cukup bagus dan co-
cok untuk pengambilan keputusan oleh AI, terutama
dalam permainan non-player.
- Algoritma minimax menggunakan konsep Dept
First Search dalam pembentukan pohon solusi.
- Pohon solusi dibentuk dari awal permainan sam-
pai akhir permainan.
- Dengan menggnakan algoritma minimax untuk AI
dalam permainan tic-tac-toe sangat kecil kemungkinan
pemain untuk dapat menang melawan AI tersebut.
5.2 Saran
Diharapkan dengan dibuatnya buku ini bisa mem-
bantu pembaca dalam mempelajari tentang implemen-
tasi game tic tac toe. Demi meningkatkan kepahaman
pada materi ini diharapkan bagi pembaca untuk lang-
sung mempraktekkan langkah-langkah proses pembu-
atan game Tic Tac Toe pada Arduino.

0 komentar:

Posting Komentar